Anggota Kelompok :
Ancer Afriono 50413831
Ardi Saputro Puspitosari 51413241
Ardityo Pati Mulawarman 51413252
Erdi Wibowo 52413915
Galih Windyarto 53413634
Kelas : 3IA13
Hasil Akhir
Cara Pembuatan :
Pada tugas kali ini kami akan membuat sebuah objek meja yang memiliki texture kayu. Texture kayu tersebut kami ambil dari sebuah gambar diinternet. Dalam pembuatan objek meja, langkah awal yang harus dilakukan adalah menambahkan objek circle, lalu beri permukaan pada bagian objek tersebut dengan cara masuk ke edit mode, dan menekan tombol ‘F’
Gambar yang kami gunakan :
Ancer Afriono 50413831
Ardi Saputro Puspitosari 51413241
Ardityo Pati Mulawarman 51413252
Erdi Wibowo 52413915
Galih Windyarto 53413634
Kelas : 3IA13
Hasil Akhir
Cara Pembuatan :
Pada tugas kali ini kami akan membuat sebuah objek meja yang memiliki texture kayu. Texture kayu tersebut kami ambil dari sebuah gambar diinternet. Dalam pembuatan objek meja, langkah awal yang harus dilakukan adalah menambahkan objek circle, lalu beri permukaan pada bagian objek tersebut dengan cara masuk ke edit mode, dan menekan tombol ‘F’
Setelah
itu extrude bagian bawah dari objek tersebut agar terlihat seperti memiliki
volume. Tekan ‘E’ untuk meng-extrude lalu tarik objek tersebut kebawah.
Setelah itu berikan
garis ditengah dari kedua tepi objek tersebut, dengan menekan tombol ‘R’, lalu
perbesar dengan menekan ‘s’.
Setelah itu bentuk
bagian kaki dengan meng-extrude bagian bawah dan atur sekala dari setiap bagian
dari kaki tersebut. Dan hasilnya menjadi seperti ini.
Lalu berikan modifier
pada objek meja tersebut agar terlihat lebih nyata. Pada bar properties berikan
modifier subdivisionsurface. Dan atur view menjadi 3. Setelah itu berikanefek
smooth pada objek tersebut.
Dan jika objek sudah
terbentuk selanjutnya adalah menambahkan efek texture. Masuk pada cycle render.
Dan pada bar properties pilih Material. Lalu pilih gambar texture yang
sebelumnya sudah disediakan, disini kami menggunakan gambar kayu sebagai
materialnya. Klik open, dan pilih gambar.
Buat alas dari meja
tersebut. Tambahkan objek plane dan letakan dibagian bawah dari objek meja tersebut dan perbesar
sekalanya.
Lalu masuk pada
Compositing, dan pilih UV_unwrap-unwrap, maka akan terlihat seperti gambar
dibawah ini.
Dan selanjutnya pilih
gambar yang ada dibar bagian bawah, dan ubah menjadi viewport render menjadi
rendered, dan hasilnya akan menjadi seperti ini.
Dan apabila sudah
selesai langkah akhirnya adalah melakukan rendering, kembali lg pada mode
Default. Dan pada bar properties klik icon foto, dan tunggu hasil render hingga
selesai.
Judul : Tugas GRAFKOM 2 "Texturing Pada Blender"
Peringkat : 2/5. 120 voting. 89 pengguna.
Peringkat : 2/5. 120 voting. 89 pengguna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar