Kamis, 05 Mei 2016

Tugas GRAFKOM 2 "Texturing Pada Blender"

Anggota Kelompok :
Ancer Afriono 50413831
Ardi Saputro Puspitosari 51413241
Ardityo Pati Mulawarman 51413252
Erdi Wibowo 52413915
Galih Windyarto 53413634
 Kelas : 3IA13

Hasil Akhir





 Cara Pembuatan :

Pada tugas kali ini kami akan membuat sebuah objek meja yang memiliki texture kayu. Texture kayu tersebut kami ambil dari sebuah gambar diinternet. Dalam pembuatan objek meja, langkah awal yang harus dilakukan adalah menambahkan objek circle, lalu beri permukaan pada bagian objek tersebut dengan cara masuk ke edit mode, dan menekan tombol ‘F’
 






Setelah itu extrude bagian bawah dari objek tersebut agar terlihat seperti memiliki volume. Tekan ‘E’ untuk meng-extrude lalu tarik objek tersebut kebawah.





Setelah itu berikan garis ditengah dari kedua tepi objek tersebut, dengan menekan tombol ‘R’, lalu perbesar dengan menekan ‘s’.




Setelah itu bentuk bagian kaki dengan meng-extrude bagian bawah dan atur sekala dari setiap bagian dari kaki tersebut. Dan hasilnya menjadi seperti ini.




Lalu berikan modifier pada objek meja tersebut agar terlihat lebih nyata. Pada bar properties berikan modifier subdivisionsurface. Dan atur view menjadi 3. Setelah itu berikanefek smooth pada objek tersebut.







Dan jika objek sudah terbentuk selanjutnya adalah menambahkan efek texture. Masuk pada cycle render. Dan pada bar properties pilih Material. Lalu pilih gambar texture yang sebelumnya sudah disediakan, disini kami menggunakan gambar kayu sebagai materialnya. Klik open, dan pilih gambar.





Buat alas dari meja tersebut. Tambahkan objek plane dan letakan dibagian  bawah dari objek meja tersebut dan perbesar sekalanya.
 



Lalu masuk pada Compositing, dan pilih UV_unwrap-unwrap, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.




Dan selanjutnya pilih gambar yang ada dibar bagian bawah, dan ubah menjadi viewport render menjadi rendered, dan hasilnya akan menjadi seperti ini.




Dan apabila sudah selesai langkah akhirnya adalah melakukan rendering, kembali lg pada mode Default. Dan pada bar properties klik icon foto, dan tunggu hasil render hingga selesai.


 Gambar yang kami gunakan :



Judul : Tugas GRAFKOM 2 "Texturing Pada Blender"
Peringkat : 2/5. 120 voting. 89 pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar